Pages

Rabu, 29 Februari 2012

Picu Kecelakaan, Goodyear Tarik Ribuan Ban

Texas: Produsen ban mobil ternama Goodyear Tire & Rubber Co akan menarik sekitar 41.000 unit ban Wrangler Silent Armor yang diproduksi pada 2009. Menurut laporan Reuters, Ahad (26/2), Penarikan ini menyusul ditemukannya sejumlah ban yang dilaporkan mudah robek dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Juru bicara Goodyear Scott Baughman mengatakan, setidaknya dua orang tewas dalam satu kecelakaan pada Desember 2011 lalu di Texas, Amerika Serikat, yang diketahui menggunakan ban merek tersebut. Menurut Baughman, sekitar 27.000 ban diyakini masih digunakan para konsumen. Ban ini biasa digunakan pada truk, van dan kendaraan sport, yang sering di lokasi konstruksi atau untuk off-road.

Penarikan ini akan mencakup 40.915 ban dalam enam ukuran yang diproduksi dari Maret sampai Mei 2009. Dalam sebuah surat kepada Badan Regulator Keselamatan Federal AS (NHTSA), Goodyear, mengatakan pertama kali mendapatkan peningkatan klaim garansi kerusakan dan properti pada Mei 2010 lalu.

Goodyear juga sudah memeriksa ban yang terlibat dalam kecelakaan fatal tahun lalu di Texas dan menemukan ban tersebut mengalami kerusakan dari penyebab eksternal. Namun, berdasarkan analisa dari klaim garansi dan kerusakan, serta diskusi dengan regulator keamanan, Goodyear memutuskan pada 16 Februari lalu untuk menarik ban tersebut. Mereka berencana untuk mengirimkan pemberitahuan kepada konsumen mulai 22 Maret mendatang.(IAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar